Tampil Modern, Ini 5 Hal Gaya Industrial Menarik Sebagai Interior Rumah

Pemilik rumah masa kini berlomba-lomba untuk membuat huniannya tampak indah sekaligus nyaman. Tidak jarang gaya minimalis, vintage dan klasik dipilih. Pernahkah Anda terpikirkan untuk menggunakan gaya industrial? Bisa dibilang gaya ini cukup jarang digunakan namun bukan berarti tidak menarik. Justru karena unik Anda bisa memilihnya sebagai desain interior rumah yang tidak biasa.

Cara menerapkan gaya industrial sendiri tidak sulit, apalagi jika Anda ingin rumah tetap tampak modern. Cukup dengan memilih wallpaper dinding murah berdesain batu bata, ditambah dengan furnitur daur ulang akan cukup untuk mewujudkan gaya ini. Jadi apakah Anda tertarik untuk menerapkannya di rumah?

5 Hal Menarik dari Gaya Industrial sebagai Desain Interior

Arti dari gaya industrial sendiri adalah memperlihatkan ruangan seperti bekas pabrik tua. Hal itu memang benar, karena munculnya gaya ini setelah revolusi industri. Banyak pabrik yang dialihkan kegunaannya menjadi rumah warga. Sehingga tampilan pabrik tua masih melekat dan disinilah justru daya tariknya. Walaupun memperlihatkan pabrik tua bukan berarti ruangan tidak tampak modern.

Beberapa tampilan modern bisa diterapkan namun kesan pabrik tetap kuat. Apa saja yang menarik dari gaya industrial yang tampak modern untuk diterapkan pada hunian? Berikut ini contohnya.

  • Memperlihatkan pipa pada atap

Satu hal yang sangat mencolok adalah elemen pipa-pipa yang menggantung di atap atau langit-langit ruangan. Dekorasi ini akan memperlihatkan seolah-olah Anda sedang tinggal di dalam pabrik atau gudang. Justru inilah yang dicari, sebuah tantangan untuk membuat desain ini. Langit-langit tidak membutuhkan plafon dan akan menghemat budget. Ruangan akan tampak seperti tidak di finishing namun disinilah nilai estetikanya. Pipa bisa dicat dengan warna hitam atau emas dan sesuaikan dengan warna dinding agar tetap terlihat.

  • Material kayu dan besi yang dominan

Memperlihatkan pipa di langit-langit ruangan artinya material besi sangat dibutuhkan. Penggunaan yang sangat jelas antara kayu dan besi atau metal terlihat jelas pada furnitur. Anda bisa memilih ruang makan dengan meja panjang kayu dan kursi dari besi yang dicat warna hitam. Meja kayu dibiarkan memiliki warna natural. Perpaduannya akan memperlihatkan kesan industrial modern.

  • Dinding batu-bata yang tidak difinishing

Seperti yang telah dijelaskan, Anda bisa menggunakan wallpaper dinding murah bermotif batu bata. Dinding dari gaya industrial tidak membutuhkan finishing dengan warna-warna cerah atau mencolok. Justru hanya memperlihatkan dinding batu bata saja sudah cukup. Jika Anda kesulitan mendapatkan dinding dengan tampilan ini, belilah wallpaper dengan motif tersebut. Selain dinding batu bata, pilihan lainnya adalah dinding yang diaci saja tanpa dicat. Warna abu-abu dari dinding akan membuat seolah-olah ruangan lama tidak digunakan.

  • Penggunaan lampu yang unik

Satu lagi daya tarik yang cukup unik adalah pemilihan lampu sebagai penerangan ruangan. Lampu kebanyakan memiliki bentuk yang unik dan memancarkan warna kuning. Misalnya saja lampu bohlam yang dipasang sebagai lampu gantung untuk hiasan. Banyak sekali bentuk lampu untuk gaya industrial untuk dipilih, lampu juga memberikan kesan modern pada ruangan.

Jika ingin menciptakan gaya industrial, pastikan keempat komponen di atas dipenuhi. Khususnya untuk dinding, jika Anda berniat membeli di tempat jual wallpaper dinding maka pilih dengan hati-hati. Jangan sampai wallpaper berkualitas buruk sehingga dinding tampak seperti gambar yang ditempel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Posted by: Superhero on Category: Dekorasi