Penyesuaian Khusus Saat Mendesain Kamar Lansia, Perhatikan Baik – Baik Ya!

Lansia adalah periode saat seseorang telah mencapai kematangan secara fungsi dan ukuran, disisi lain mengalami kemunduran baik fisik maupun psikologi.  WHO (World Health Organization) menetapkan seseorang disebut sebagai lansia sejak berusia 65 tahun.  Kemunduran fisik dan psikologi pada lansia disebabkan oleh menurunnya kekuatan otot, daya tahan, kemampuan aerobik, dan keseimbangan tubuh.

Menurunnya tingkat refleks juga terjadi pada lansia sebab berkurangnya fungsi panca indera.  Tak heran jika lansia cenderung memiliki resiko jatuh dibanding usia muda.  Bahkan 70,2% lansia di Indonesia mengalami cedera akibat pernah terjatuh pada usia >60 tahun (Riskesdas 2015).

Kenyamanan dan kemudahan dalam beraktivitas adalah hal utama yang harus kamu perhatikan saat mendesain kamar tidur lansia.  Faktor-faktor eksternal seperti suhu dan pencahayaan adalah hal yang harus ditanggulangi agar mereka merasa nyaman berada di dalam kamar.  Salah satu material yang dapat digunakan untuk merdam panas ruangan adalah glaswool.  Banyak toko material yang jual glasswool bermerek dan tidak bermerek. Glasswool bermerek tentu lebih terjamin kualitas dan keamanannya.

5 Penyesuaian Khusus Untuk Kamar Lansia

Berikut ini bentuk-bentuk penyesuaian yang harus dilakukan saat mendesain kamar lansia:

1. Lokasi

Upayakan kamar lansia selalu berada di lantai bawah sehingga tidak perlu naik turun tangga untuk berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya.  Jikalau terpaksa di lantai atas, pasanglah lift chair sebagai sarana mobilitas lansia.  Ukuran pintu kamar lansia yang paling ideal adalah 75-80 cm.  Gunakan engsel pintu jenis lever-style sebab jenis ini dapat digerakkan oleh tangan yang lemah.

Paling aman jika kamar mandi berada di dalam kamar.  Kamar mandi khusus lansia idealnya berjenis en-suite bathroom yang terdiri dari toilet duduk tinggi dan tersedia safety grip bars.  Atur cahaya kamar dengan lampu subdued yang terang baik di kamar maupun kamar mandi agar lansia dapat beraktifitas dengan aman di malam hari.  Toko yang biasanya jual glasswool akan menjelaskan kepadamu bahwa penggunaan glasswool di atap kamar mandi tidak akan menimbulkan bau tak sedap.

2. Warna Ruangan

Lansia membutuhkan nuansa hangat dan tenang.  Warna-warna yang sebaiknya kamu pakai adalah coklat pastel, pink pucat, atau hijau pastel.  Hadirkan aksen warna tersebut pada kombinasi selimut, sprei, dan tirai jendela.

Kamu tidak perlu meletakkan banyak bantal atau barang di atas tempat tidur lansia.  Sediakan beberapa lembar selimut tipis yang hangat.  Harga glasswool cukup terjangkau jika kamu ingin menerapkan metode insulin panas di dalam ruangan lansia.  Glaswool memang efektif untuk meredam panas ruangan.

3. Furnitur

Sebuah penelitian yang diterbirkan oleh Journal of The Academy of Medical-Surgical Nurses menyebutkan bahwa tinggi tempat tidur lansian paling ideal adalah setinggi lutut.  Agar lebih aman, tambahkan moveable railings di masing-masing sisi tempat tidur.  Letakkan nightstand kecil dan lampu meja di samping tempat tidur mereka.

Furnitur lain yang diperlukan adalah kursi atau sofa sebagai tempat duduk di depan cermin.  Pastikan kursi yang dipakai aman dan tidak rentan membuat lansia terjungkal.  Jangan lupa untuk menambahkan glasswool untuk melengkapi furnitur kamar lansia. Harga glasswool tanpa merek dapat ditemukan di berbagai toko material baik offline maupun online. 

4. Lantai

Lantai berbahan ubin atau keramik paling tepat untuk digunakan di kamar lansia.  Jenis lantai ini tidak licin dan mudah dibersihkan.  Lapisi lantai dengan karpet tipis dengan permukaan halus dan padding kuat di bagian bawah.  Karpet lantai harus memungkinkan dilewati oleh kursi roda.

5. Alat Komunikasi

Jika lansia tidur sendirian, sebaiknya tambahkna alat komunikasi agar mereka dapat segera berkomunikasi jika membutuhkan bantuan.  Seperti misalnya telepon rumah, bel, atau alarm.  Jika perlu kamu bisa tambahkan CCTV untuk memantau kegiatan lansia yang hanya bisa menghabiskan waktunya di dalam kamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Posted by: Superhero on Category: Dekorasi