Ternyata Lampu LED Kecil Punya Banyak Kegunaan! Simak Kegunaannya Berikut Ini

Kelebihan Lampu LED Kecil yang Jarang Diketahui

Kini lampu LED merupakan jenis lampu yang paling disarankan oleh banyak pihak sebagai penerangan di rumah. Baik itu yang besar, maupun lampu LED kecil, keduanya memiliki manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan jenis bohlam biasa. LED adalah kependekan dari Light Emitting Diode, yang merupakan sebuah komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya mokromatik.

Untuk Anda yang penasaran apa saja kegunaan dan manfaatnya, simak berikut penjelasan lengkapnya:

1. Daya Tahan Lebih Panjang

Yang menjadi keuntungan utama dari lampu LED adalah memiliki umur yang lebih panjang. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membeli lampu dalam durasi yang lama. Ketahanannya bahkan 2 hingga 4 kali lebih awet dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Lebih tepatnya, umur lampu LED mampu bertahan selama 50.000 hingga 100.000 jam.

 

2. Hemat Penggunaan Listrik

Selain umurnya yang panjang, LED adalah jenis lampu yang hemat penggunaan listrik. Lampu ini hanya menggunakan listrik yang kecil dibandingkan dengan lampu lainnya. Bahkan, sebuah studi pernah membuktikan bahwa LED dapat mengefisiensi penggunaan listrik hingga 60% sampai 70% dari jenis lampu biasa. Maka tidak heran juga jika saat ini kendaraan banyak yang telah menyematkan lampu LED untuk menghemat penggunaan listrik.

 

3. Desain Fleksibel dan Efisien

Ada banyak jenis lampu LED yang ada di pasaran. Selain jenis lampu biasa, bahkan tersedia jenis lampu hias LED untuk digunakan di rumah. Selain itu, ada juga bentuk lainnya yang lebih kecil dan fleksibel untuk ditempatkan di berbagai tempat atau ruangan, baik untuk digantung, ditempel dan lainnya. LED adalah jenis lampu yang cocok sekali untuk memenuhi nilai estetika pada ruangan Anda.

 

 

4. Ramah Lingkungan

Seperti yang telah kami paparkan di atas, penggunaan listrik pada saat menggunakan lampu hias LED, maupun LED biasa tidak memerlukan listrik yang besar. Sehingga, lampu ini lebih ramah terhadap lingkungan karena penggunaan listrik yang rendah. Lampu ini bahkan menggunakan merkuri secara internal, sehingga LED adalah jenis lampu yang tidak berbahaya bagi lingkungan.

 

5. LED, Lampu dengan Voltase Rendah

Jika Anda membutuhkan sebuah lampu yang tidak memerlukan voltase tinggi, maka gunakanlah LED untuk kebutuhan di rumah. Lampu LED hanya memerlukan voltase dalam jumlah yang kecil. Penggunaan voltase rendah dapat berpengaruh pada efisiensi penggunaan listrik di rumah Anda. Kelebihannya yang satu ini bahkan membuat LED cocok digunakan juga sebagai lampu outdoor.

 

6. Keamanan Lebih Terjamin

Sedikit orang yang mengetahui bahwa LED adalah jenis lampu yang memiliki tingkat keamanan tinggi dibandingkan jenis lampu yang lain. Lampu ini tidak memiliki daya panas seperti lampu biasa. Lampu konvensional atau pijar umumnya menggunakan daya sebesar 90% untuk mengeluarkan panas pada saat digunakan sebagai penerangan. Voltase lampu LED yang kecil pun dapat meminimalisir risiko pada saat menggunakan listrik.

 

7. Mampu Beradaptasi dengan Cuaca

LED adalah jenis lampu yang tergolong adaptif atau mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi cuaca. Lampu ini bisa digunakan pada kondisi cuaca apapun. Lampu ini bahkan dapat beroperasi pada temperatur dengan kisaran yang luas tanpa tingkat degadrasi. Fakta inilah yang kemudian menjadikannya sebagai lampu yang saat ini banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumahan.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan manfaat lampu LED kecil. Jika Anda masih menggunakan jenis lampu konvensional, segeralah beralih pada lampu LED. Selain umurnya lebih panjang dibandingkan lampu biasa, dengan lampu LED Anda pun bisa menghemat pembayaran listrik bulanan karena dayanya yang tergolong ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Posted by: Superhero on Category: Kelistrikan

Tags: