Ini Loh Cara Mengubah Loteng Menjadi Ruang Kerja Super Nyaman

Loteng adalah bagian rumah yang terpisah dari ruangan-ruangan utama.  Seringkali loteng hanya dijadikan sebagai gudang atau kamar tambahan yang jarang digunakan.  Menngubah loteng menjadi ruang kerja bisa menampilkan suasana baru di dalam rumah.

Pemanfaatan loteng di dalam budaya Indonesia memang masih jarang.  Hal ini dipengaruhi oleh budaya Belanda yang hanya menggunakan loteng untuk penahan sinar matahari agar tidak langsung masuk ke dalam ruangan.  Loteng banyak tidak dimanfatkan sebagai ruang sebab cenderung sulit untuk dibersihkan.  Kamu bisa memanfaatkan karpet roll sebagai bahan pelapis lantai di loteng.

Kelebihan dan Kekurangan Ruang Kerja di Loteng

Ruang kerja yang terletak di atas loteng memiliki suasana tenang karena terpisah dari ruang utama.  Sistem pencahayaan di loteng juga sangat bagus sehingga bisa menghemat penggunaan listrik di siang hari.

Dari jendela loteng, kamu bisa leluasa mengamati pemandangan di sekitar rumah dari sisi atas.  Jika rumahmu berada di dataran tinggi dengan jumlah penduduk terbatas, ruang kerja di loteng bisa sekaligus dijadikan sebagai ruang bersantai dan refreshing.  Pilihlah pelapis lantai yang sesuai dengan desain ruang kerjamu. Harga karpet lantai terbaik sangat variatif dan bisa kamu cek melalui toko online.

Kekurangan dari loteng adalah memiliki suhu yang lebih tinggi dibanding ruangan lainnya.  Terang saja karena loteng terletak di bagian paling atas tepat di bawah atap.  Namun permasalahan ini dapat diatasi dengan teknologi insulasi.

Masalah lainnya adalah ketinggian ruang loteng.  Apakah cukup nyaman untuk beraktifitas di dalamnya dengan tinggi ruang yang terbatas.  Oleh karenanya loteng memang harus dirancang sejak awal agar bisa difungsikan sebagai ruangan tertentu.

Tips Agar Ruang Kerja di Loteng Terasa Nyaman

Agar ruang kerja di loteng tetap terasa nyaman, ikuti tips dibawah ini:

1. Kreasikan warna furnitur.  Gunakan warna cerah dan lembut untuk menghilangkan kesan suram di loteng.

2. Tempatkan rak buku di dinding.  Bentuk atap loteng akan menghasilkan ruang segitiga di sudut antara dinding dan lantai.  Space ini bisa kamu gunakan untuk meletakkan buku dan peralatan tulis kecil.

3. Tambahkan aksesoris ruangan seperti foto, vas bunga, ataupun quotes dari tokoh inspiratif yang kamu kagumi.

4. Gunakan material bermotif kayu.  Warna dan motif kayu memberikan kesan yang hangat dan tenang.  Hias lantaimu dengan karpet roll bermotif kayu.

5.  Lengkapi rak buku dengan reading corner.  Sudut baca bisa digunakan untuk refreshing sejenak dari pekerjaan dan menerima tamu yang ingin berkunjung ke ruang kerjamu.

Loteng Sempit

Dua Hal yang Harus Diperhatikan Jika Lotengmu Sempit

Tidak masalah jika loteng rumahmu berukuran sempit, dua hal ini bisa membantu manipulasi ruang kerja sempit agar terasa lebih nyaman.

Pertama pilihlah desain meja dan kursi yang cocok diterapkan pada ruang minimalis.  Lalu hindari meletakkan tempat duduk membelakangi jendela atau menghadap dinding.  Jika terpaksa meletakkan dengan cara itu, tempatkan cermin di seberang mejamu agar memberikan kesan luas. Ruangan akan lebih cerah jika kamu menempatkan meja di area yang area datangnya sinar matahari.  Material meja yang terkena sinar akan memberikan kesan terang untuk ruangan.  Hindari juga penempatan furniture di area pintu karena dapat mengganggu arah pandang dan kenyamanan sirkulasi pengguna.

Kedua, tambahkan unsur tanaman di dalam ruang kerjamu.  Banyak pilihan jenis bunga meja yang tersedia di pasaran dengan harga terjangkau.  Seperti misalnya kaktus mini, bunga daisy, atau sansiviera.  Kehadiran tanaman akan membuat mood lebih baik dan stabil.  Agara lebih hemat perhatikan juga harga karpet lantai yang paling sesuai dengan isi kantongmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Posted by: Superhero on Category: Dekorasi