5 Ide Paling Baru Dalam Mendesain Interior Ruang Belajar Sejarah Anak

 

Sejarah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan karena dengan adanya sejarah, manusia akan belajar terus menerus baik itu dari pengalaman yang baik maupun kesalahan-kesalahan masa lalu.

Saking pentingnya sejarah bagi peradaban manusia, sejarah kemudian diwajibkan untuk dipelajari agar manusia tidak lupa dengan sejarah yang telah membangun peradaban yang kini ditingalinya.

Namun kita tidak dapat memungkiri bahwa sejarah merupakan materi pelajaran yang sangat membosankan bahkan bagi sebagian banyak orang. Untuk itu, perlu adanya pemicu yang menarik agar sejarah diminati oleh banyak orang bahkan sejak anak-anak.

Ide Desain Interior Ruang Belajar Sejarah Anak

Sejarah harus mulai dibiasakan sejak anak-anak agar sampai tua anak tidak melupakan sejarah. Untuk itu, anak harus dipicu agar mau serius belajar sejarah, salah satunya dengan menyajikan interior ruang belajar yang menarik:

1. Pasang poster pahlawan

Sejarah khususnya sejarah kemerdekaan indonesia sangat penting diketahui agar anak memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memasang poster tokoh-tokoh pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Sebelum memasang poster, memasang terlebih dahulu wallpaper akan menjadi pilihan yang baik karena akan menampilkan background yang menarik. Tidak perlu repot memilih wallpaper, pilihlah wallpaper kamar anak seperti biasanya tapi tentu saja dengan mempertimbangkan warna yang selaras.

2. Quote motivasi

Dalam memperlajari sejarah, anak harus dibekali dengan kata-kata motivasi yang akan memupuk semangatnya sehingga Ia tidak pantang menyerah memahami kejadian-kejadian yang membangun sejarah. Quote motivasi dapat berasal dari tokoh-tokoh sejarah yang dipelajari sehingga anak akan semakin tergugah untuk memiliki kesemangatan seperti toko sejarah tertentu.

3. Warna yang hidup

Sejarah merupakan hal yang dianggap telah mati, artinya semua kejadian yang membangun sejarah adalah kejadian yang “mati”, hanya kenangannya lah yang hidup. Untuk itu, pasanglah wallpaper yang hidup di ruang belajar sejarah anak agar anak tidak merasa bosan saat belajar.

Memasang warna yang hidup dapat menggunakan kombinasi warna-warna yang berani dan ceria atau menggunakan wallpaper yang memiliki motif hidup. Wallpaper yang dipasang haruslah wallpaper yang sesuai dengan usia anak sehingga anak tidak jenuh. Wallpaper anak anak mudah ditemukan di pasaran umum dengan harga yang variatif dari mulai yang murah hingga yang mahal tergantung kualitas bahan dan motif yang disajikan.

4. Furnitur yang tidak membosankan

Untuk menciptakan suasana yang penuh dengan semangat, pasanglah furnitur yang tidak membosankan agar anak tetap tergugah dalam memperlajari sejarah. Pasanglah furnitur yang memiliki warna dan bentuk yang unik sehingga anak tetap ingin bertempat tinggal di ruang belajar sejarah. Harga furnitur yang unik di pasaran sama halnya seperti harga wallpaper anak, ada yang mahal ada pula yang murah tergantung kerumitan pembuatan hingga kualitas yang disajikan.

5. Ciptakan ruang belajar yang sehat

Selain mempertimbangkan estetika, kesemangatan anak juga harus dipupuk dengan disediakannya ruang belajar yang sehat. Karena saat anak memiliki kondisi tubuh yang sehat, Ia akan semangat dalam belajar khususnya dalam memperlajari sejarah.

Ruang belajar yang sehat dapat berasal dari sirkulasi udara yang baik dan cahaya yang optimal sehingga pernafasan anak tidak terganggu, begitu pula dengan fokus matanya dalam mencerna buku-buku yang anak baca.

Selain itu, gunakan pula cat baik untuk dinding maupun untuk furnitur yang minim bahan kimia, karena cat yang mengandung bahan kimia akan mengganggu juga terhadap pernafasan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Posted by: Superhero on Category: Dekorasi